Senin, 30 Oktober 2017

Sistem Informasi Psikologi

Sistem Informasi
Sistem informasi merupakan sistem dengan komponen-komponen yang bekerja untuk mengolah data menjadi informasi. Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.
Menurut Alter (1992), sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Sementara menurut Hall (2001), sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang berada didalam suatu organisasi dengan komponen-komponen yang bekerja untuk mengolah data menjadi informasi lalu didistribusikan kepada pemakai.

Psikologi
Psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang jiiwa atau ilmu jiwa. Menurut Plotnik, psikologi merupakan studi sistematik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Sementara menurut Wundt psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia.
Menurut Woodworth dan Marquis, psikologi mempelajari aktivitas individu. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas motorik, kognitif maupun aktivitas emosional.
Sementara menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku atau perilaku manusia dan proses mentalnya, serta mempelajari aktivitas manusia yang meliputi motorik, kognitif, dan emosional, baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan.

Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.






Sumber
Agviatri, N. K. (2012). Macam-macam Tes Psikoterapi dalam Internet. Diakses pada Minggu, 30 Desember 2012 dari http://agviatri.blogspot.co.id/2012/12/macam-macam-tes-psikoterapi-dalam.html.
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Haryanto. (2011). Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli. Diakses pada 14 Desember 2011 dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/.
Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
http://ana.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.14


Tidak ada komentar:

Posting Komentar