Senin, 23 Januari 2017

Kekuasaan dan Pengaruh Manajemen

A. Teori Manajemen

1.  Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry, 1997).

2. Surakhmad (1982:7) menyatakan bahwa pengaruh adalah kekuatan yang muncul dari suatu benda atau orang dan juga gejala dalam yang dapat memberikan perubahan terhadap apa-apa yang ada di sekelilingnya. Jadi, dari pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh merupakan suatu daya atau kekuatan yang timbul dari sesuatu, baik itu orang maupun benda serta segala sesuatu yang ada di alam sehingga mempengaruhi apa-apa yang ada di sekitarnya.
Kekuasaan adalah hanya kapasitas memengaruhi orang lain menunjukkan potensi mengubah sikap dan perilaku seseorang sedangkan pengaruh adalah setiap  perilaku yang berusaha mengubah skap atau perilaku seseorang (McShane & Von Glinov, 2010).

B. Dampak dari Pengaruh Manajemen dalam Perusahaan

Manajemen Strategi dapat memberikan pengaruh yang besar kepada perushaan yang memekai sistem manajemen tersebut. kebanyakan dari pengaruh tersebut menghasilkan dampak yang positif bagi perusahaan itu tersendiri. Salah satunya adalah aktivitas formulasi strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan. Jadi setiap perusahaan mendapati masalah, perusahaan akan dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat. Dan juga akan memberi kemampuan untuk para pegawai yang berjabatan tinggi kemampuan menganilisis suatu masalah, dan menyelesaikannya dengan baik dan cepat.

Proses manajemen strategi pun akan memberikan hasil keputusan terbaik dikarenakan interaksi kelompok mengumpulkan berbagai strategi yang lebih besar. Dan keterlibatan karyawan di dalam formulasi strategi akan dapat memperbaiki pengertian mereka atas penghargaan produktivitas di dalam setiap perencanaan strategi dan dengan demikian dapat mempertinggi motivasi kerja mereka, dan juga dapat meningkatkan kualitas produksi pada perusahaan serta dapat mempercepat waktu produksi.

Contoh pengaruh positif dan negatif terhadap perusahaan

a. Positif

Jika direktur perusahaan disiplin dan tepat waktu maka akan diikuti atau ditiru oleh karyawannya sehingga karyawan tersebut dapat datang tepat waktu dan disiplin, karena seorang direktur mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap karyawannya.

Pemimpin yang tegas dalam mengambil keputusan akan membuat perusahaan bergerak dalam arah yang jelas.

Pemimpin yang visioner dalam melihat kebutuhan pasar akan selalu berada satu sampai dua langkah di depan perusahaan pesaingnya.

b. Negatif

Jika direktur perusahaan jarang hadir dan jarang berinteraksi dengan karyawannya maka akan memberikan pengaruh negative karena tidak adanya pengaruh yang dari atasannya sehingga dapat menimbulkan penurunan kinerja pada perusahaan tersebut.

Apabila pemimpin perusahaan tidak mampu mengendalikan kekuasaannya maka bawahan atau karyawan akan mempunyai pandangan sendiri-sendiri terhadap perusahaan dan memungkinkan adanya perpecahan internal.

Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar